Powered By Blogger

Selasa, 25 Maret 2014

Kegiatan Peledakan Tambang



Bagi yg masih awam tentang apa itu peledakan pada kegiatan penambangan, aku kasi sedikit informasi awal.. Semoga bermanfaat sob.. 
Secara umum peledakan akan terjadi jika terdapat tiga komponen,  yaitu oxidizer, bahan bakar dan pemicu (penyalaan). Ketiga komponen ini saling berhubungan satu sama lain. Oxidizer berfungsi sebagai agen yang mentransfer oksigen bagi keberlangsungan reaksi pembakaran pada bahan bakar. Bahan peledak yang terdiri dari oxidizer dan bahan bakar tidak akan meledak jika tidak adanya pemicu atau penyalaan (initiation).
Tujuan peledakan adalah untuk mengkonversi batu dari satu bagian padat bahan geologi menjadi beberapa potongan kecil sehingga dapat digali oleh peralatan yang tersedia. Untuk mengerjakan ini ada dua faktor utama untuk dipertimbangkan, yaitu fragmentasi dan gerakan atau lemparan. Kedua harus sesuai dengan kebutuhan perancangan. Peledakan tambang bawah tanah misalnya, membutuhkan fragmentasi lebih besar dari permukaan peledakan karena ukuran alat yang dapat digunakan dan kesulitan akses. Jika fragmentasi terlalu besar maka peralatan tersebut tidak akan mampu menggali batu dan jika fragmentasi adalah terlalu kecil, mengerjakan peledakan lebih dari yang diperlukan dan karena biaya lebih tinggi dari yang seharusnya. Jika terlalu banyak pergerakan batu, mungkin ada kerusakan pada bangunan sekitar atau bahkan cedera personil (Hemphill, 1981 dalam Frianto 2011 ; 3-1).
Banyak cara untuk membongkar dan memberai lapisan batuan, namun hal itu tergantung  mudah atau tidaknya lapisan batuan itu untuk digali dan diberai, mulai dari peralatan non mekanik (konvensional)  seperti cangkul dan sekop sampai peralatan mekanik seperti backhoe, shovel, dragline, bulldozer-ripper. Jika peralatan-peralatan tersebut sudah tidak mampu membongkar dan memberainya maka lapisan batuan tersebut harus dibongkar dengan menggunakan cara peledakan, dengan catatan kegiatan peledakan jika dilakukan masih bernilai ekonomis bagi perusahaan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Very interesting , good job and thanks for sharing such a good blog. office.com/setup | mcafee activate | office setup | mcafee login | AOl mail login | quickbooks online login

Posting Komentar