Powered By Blogger

Senin, 10 Maret 2014

Pemboran Lubang Ledak di Industri Pertambangan


Kegiatan pemboran lubang ledak merupakan suatu hal yang sangat penting diperhatikan sebelum kegiatan pengisian bahan peledak. Kegiatan pemboran lubang ledak dilakukan dengan menempatkan lubang-lubang ledak secara sistematis, sehingga membentuk suatu pola.
Pola pemboran merupakan suatu pola pada kegiatan pemboran dengan menempatkan lubang-lubang ledak secara sistematis. Berdasarkan letak lubang bor, maka pola pemboran pada umumnya dibedakan menjadi dua macam, yaitu:
1.        Pola pemboran sejajar (parallel pattern), terdiri dari dua macam, yaitu :
a.       Square pattern, pola ini besarnya jarak burden dan spacing adalah sama, biasanya pola ini dikombinasikan dengan “V” delay pattern.
b.      Rectangular pattern, pada pola ini jarak spacing dalam satu baris lebih besar daripada jarak burden.
2.        Pola pemboran selang-seling (staggered pattern), adalah pola pemboran yang penempatan lubang ledak pada baris yang berurutan tidak saling sejajar.
Dalam suatu operasi peledakan batuan, kegiatan pemboran merupakan pekerjaan yang pertama kali dilakukan dengan tujuan untuk membuat sejumlah lubang ledak dengan geometri dan pola tertentu pada massa batuan, yang selanjutnya akan diisi dengan sejumlah bahan peledak untuk diledakkan.
(Saptono, 2006)

0 komentar:

Posting Komentar