Powered By Blogger

Senin, 10 Maret 2014

Pengolahan Bahan Galian Industri



PENGOLAHAN BAHAN GALIAN UNTUK INDUSTRI SEMEN
DI PT. INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA PLANT-12, DESA TARJUN,
KECAMATAN KELUMPANG HILIR, KABUPATEN KOTABARU,
KALIMANTAN SELATAN
Semen berasal dari bahasa latin cementum yang berarti bahan perekat. Dalam pengertian umum semen diartikan sebagai bahan perekat yang mempunyai sifat mampu mengikat bahan-bahan padat menjadi satu kesatuan yang kompak dan kuat. Perekat ini ditemukan pada batu kapur yang serbuknya telah digunakan sebagai bahan adonan (mortar) dalam pembuatan bangunan lebih dari 2000 tahun lalu di negara Italia.
PT Indocement Tunggal Prakarsa (PT ITP) Plant-12 berlokasi di Desa Tarjun, memiliki luas penambangan bahan galian sebanyak 3193 Ha, masing-masing 1000 Ha untuk limestone, clay, dan laterite serta 193 Ha untuk silica.
Semen Portland didefinisikan sebagai semen hidrolisis yang dihasilkan dengan cara menggiling terak/clinker yang mengandung senyawa kalsium silikat yang bersifat hidrolis ditambah dengan bahan tambahan gypsum yang berfungsi untuk mengendalikan reaksi awal.
Penyediaan bahan baku untuk keperluan industri semen adalah penyediaan bahan mentah yang mempunyai komposisi kimia yang diperlukan agar bila bahan mentah tersebut dicampur, maka campuran tersebut memenuhi spesifikasi komposisi kimia clinker yang akan diproduksi. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan Portland Cement di PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk Plant-12 terdiri dari:
1.      Limestone sebagai bahan baku utama, digunakan sekitar ± 80%.
2.      Clay, digunakan sekitar ± 15%.
3.      Silica, digunakan sekitar ± 4%.
4.      Laterite, digunakan sekitar ± 1%.
 
Proses pembuatan semen di PT. ITP terbagi menjadi beberapa tahap, yaitu:
1.    Penambangan dan penyediaan bahan baku .
2.    Proses produksi, yang meliputi:
  • Pengeringan dan penggilingan awal bahan baku (raw mill)
  • Pembakaran dan pendinginan klinker (burning and cooling)
  • Penggilingan akhir (cement mill) 

3.         Pengepakan (packing)

0 komentar:

Posting Komentar